Temanggung, Hariantemanggung.com
- Pemerintah Kabupaten Temanggung menggelar Apel Luar Biasa dan Pembacaan Ikrar Netralitas untuk ASN dan Non ASN sebagai bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ribuan peserta apel yang terdiri dari ASN dan Non ASN di wilayah Pemkab Temanggung memadati Alun-Alun Temanggung pada Rabu (09/10/2024).

Forkopimda Kabupaten Temanggung, KPU, serta Bawaslu Kabupaten Temanggung turut hadir dalam acara tersebut selaku bagian dari penyelenggara Pilkada. Acara ini bertujuan menegaskan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk bersikap netral dan tidak memihka salah satu paslon yang ada.

Pj. Bupati Hary Agung Prabowo dalam sambutannya menyampaikan sekaligus menegaskan, bahwa pentingnya netralitas ASN dan Non ASN harus menjaga jarak dari kepentingan politik dalam tugasnya sebagai pelayan publik terutama dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024 mendatang.

Menurutnya, ASN menjadi sentral penting dalam menjaga keseimbangan bersama masyarakat. Lebih lanjut, Pj. Bupati mengatakan bahawa netralitas ASN menjadi bagain perwujudan integritas, serta profesionalitas dan integritas demi terciptanya suasana kondosif selama pemilihan.

“saya tergaskan, bahwa ASN harus netral dalam menjaga keseimbangan agar proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah ini berlangsung dengan lancar, tertib dan aman. Karena ASN adalah bagian dari lembaga yang bersama-sama menjaga semua unsur elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Temanggung,” tegas Pj. Bupati Hary Agung Prabowo.

Pj. Bupati menegaskan kembali, bahwa terdapat sanksi ASN yang terbukti melanggar prinsip netralitas bisa dikenakan sanksi tegas berupa sanksi administratif hingga sanksi berat.

Roni Nefriyadi selaku ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya kegiatan Apel Luar Biasa ini, Ia berharap bahwa kedepannya tidak ada pelanggara terkait dengan netralitas ASN khususnya di Kabupaten Temanggung ini.

Dengan adanya apel netralitas ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Temanggung berjalan dengan lancar, damai, dan demokratis. Semua pihak, terutama ASN diimbau untuk menjaga profesionalitas dan integritas demi terciptanya suasana kondusif selama pemilihan. Momentum ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam mendukung Pilkada yang bebas dari tekanan politik dan menjaga percayaan masyarakat terhadap proses demokrasi. (htm/mpp)

Bagikan :

Tambahkan Komentar