Temanggung, Hariantemanggung.com
- Dalam ajang liga santri se-eks karesidenan kedu (LS2K) Darul Muttaqien cup ke 2, yang diadakan baru-baru ini oleh pondok pesantren Darul Muttaqien pada hari Jum'at (20/09/2024) - Selasa (20/09/2024), Liga yang diikuti oleh 16 tim dari berbagai pondok pesantren yang ada di karisidenan kedu dan sekitarnya, ultras sumbon mania berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai best suporter.

Prestasi gemilang ini tak lepas dari dukungan tanpa henti mereka terhadap tim kesayangan. Ultras sumbon mania adalah suporter sepak bola dari kesebelasan pondok pesantren sunan plumbon krajan tembarak temanggung. Ultras sumbon mania beranggotan santri MA D-Baito, SMP D-Baito, santri salaf dan kalangan alumni dari pondok pesantren sunan plumbon.

Adapun beberapa pondok pesantren yang mengikuti ajang LS2k ini ada PP DARUL MUTTAQIEN, PP AL MUBAROK, PP MATHOLI’UL ANWAR, PP FI SABILILLAH, PP ANWARUSSHOLIHIN, PP NURUL ALI, PP SUNAN PLUMBON, PP AL QODIRIYAH, PP YAJRI, PP KYAI PARAK, PP AL IMAN, PP HIDAYATULLAH, PP DARUL AMANAH, PP MIFTAKHURROSYIDIN, PP ALMUSTHOFA, dan PP ROUDHOTUL ULUM.

Sepanjang kompetisi, ultras sumbon mania selalu hadir dengan semangat juang yang tinggi. Koreografi yang disajikan sangat memukau, nyanyian-nyanyiannya tak berhenti selama tim putra sumbon bermain, dan aksi kreatif mereka berhasil menciptakan atmosfer pertandingan sepak bola berkelas layaknya liga-liga di eropa. Pemain ke-12 ini memberikan wajah berbeda yang diberikan kepada para pemain, semangat pemain dapat meningkat akibat adanya suporter ini.

Menurut ketua dalam acara liga santri darul muttaqien cup yang ke 2, Kyai Muhammad Abdul Karim Cholil, beliau mengatakan bahwa liga santri ini harapannya akan menghasilkan bibit berprestasi di dalam dunia sepak bola. 

"selain menjadi ajang silaturahim dan komunikasi antar pondok pesantren, juga diharapkan menghasilkan bibit berprestasi didunia sepak bola, mengingat beberapa punggawa timnas Indonesia juga lahir dari kalangan santri, seperti Evan Dimas, Rafi Mursalin, Yadi Mulyadi, dan aldi hamid. Dengan diadakannya liga seperti ini, diharapkan agar santri bisa berkontribusi dalam liga Indonesia syukur-syukur bisa menyumbang pemain timnas dari kalangan santri." ucap Kyai Muhammad Abdul Karim Cholil.

disisi lain, KH Muhammad Abduk Muhith Cholil juga menyatakan liga santri ini menjadi bukti bahwa santri diberikan keleluasaan untuk mengembangkan bakat dan minatnya menjadi pemain sepak bola profesional, dan untuk menyemangati para santri lewat lapangan agar bisa mempererat silaturahim antar santri, khusunya yang ada dikarisedenan kedu, dan juga kami ingin menunjukan bahwa kami santri tidak hanya duduk sambil membawa kitab, tapi para santri sanggup turun ke lapangan dan menunjukan kepiawaiannya dalam sepak bola.

Dalam babak penyelisihan, pondok pesantren sunan plumbon berhasil mengantarkan pulang pulang pondok pesantren al-qodiriyah dengan skor 3-2. Dengan kemenangan tipis ini, sunan plumbon masuk kedalam babak selanjutnya. Akan tetpai dalam babak semi final, sunan plumbon dikalahkan oleh pondok pesantren Al-Iman dari purworjo, yang mengaktibatkan PP Sunan Plumbon pulang lebih awal dengan skor 2-1. (htm/mpp)


Penulis: Robbie Zidna Taufiqon

Bagikan :

Tambahkan Komentar